Langsung ke konten utama

TUJUAN DISKUSI

Diskusi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; 1990) memiliki arti "pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah". Biasanya dalam diskusi para peserta mencari penyelesaian suatu masalah, minimal mereka mengajukan usul atau ide yang mungkin bisa menyelesaikan masalah yang mereka diskusikan.
Moh. Surya (1975:107) mendefinisikan diskusi kelompok merupakan suatu proses bimbingan dimana murid-murid akan mendapatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tetanam pula tanggung jawab dan harga diri.
Moh. Uzer  Usman (2005:94) menyatakan bahwa diskusi kelompok merupakan suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah.
         Berbicara masalah  diskusi ,dalam dunia sekolah atau perkuliahan terkadang kita menemukan hal-hal yang melenceng dari tujuan diskusi tersebut. ada beberapa hal yang melenceng dari diskusi yang sering kita lakukan yaitu :
       1. Diskusi dijadikan sebagai ajang eksistensi beberapa individu, dalam artian individu tersebut hanya ingin memperlihatkan dirinya di depan umum.
        2. Diskusi dijadikan sebagai ajang untuk saling menjatuhkan untuk mendapatkan sang pemenang. Dalam artian, peserta diskusi memertahankan ego masing-masing tanpa memperhatikan aspek-aspek yang lain. 
       3. Diskusi dijadikan sebagai ajang untuk uji kemampuan setiap individu, dalam artian dia ingin menunjukkan bahwa dia memiliki ilmu pengetahuan yang lebih dan dia ingin menunjukkan hal tersebut tanpa memperhatikan etika,dan norma dalam penyampaian argumentnya terhadap peserta lain.  ketiga aspek diatas sangat tidak baik dalam berdiskusi. sebaiknya diskusi dilaksanakan sesuai dengan tujuannya yaitu seperti :
         1. diskusi diadakan sebagai wadah untuk memecahkan suatu masalah, bukan malah memperumit suatu masaklah bahkan membuat masalah yang baru.
             2.  diskusi diadakan sebagai wadah untuk menuntut ilmu atau menambah wawasan, bukan membuat suatu pemahaman yang membingungkan peserta diskusi.
              3. diskusi diadakan sebagai ajang untuk belajar saling menghargai pendapat, belajar untuk beretika, dan berbicara depan umum.

kesimpulan : bagi teman-teman yang berdiskusi diharapkan bisa mengetahui terlebih dahulu tujuan dari diadakannya diskusi tersebut yaitu memecahkan masalah, menambah wawasan, dan saling menghargai pendapat orang.


Komentar

Posting Komentar